Sep 5, 2022

Komunitas yang Terus Berkembang

Pertumbuhan Vue dalam setahun terakhir sangat luar biasa. Sampai hari ini kami memiliki lebih dari 15.000 bintang di GitHub, lebih dari 500 ribu unduhan dari npm, dan lebih dari 2.000 pengguna di saluran Gitter. Yang lebih menarik adalah komunitas berhasil menyelenggarakan Pertemuan Vue.js London Pertama dan Pertemuan Vue.js Paris Pertama! Sorakan yang menggema untuk penyelenggara yang luar biasa: Jack, James dan Eduardo.

Jika kamu tertarik untuk berinteraksi dengan pengguna Vue.js di dekat kamu dan berbagi pengalaman kamu dalam menggunakan Vue.js, bergabung dengan Pertemuan(Meetup) lokal adalah ide yang bagus - bahkan lebih baik lagi, mungkin kamu dapat mengadakan/ ikut mengaturnya :)

Karya Keren Yang Dikembangkan Dengan Vue

Semakin banyak karya keren yang dibangun dengan Vue. Ada produk seperti PageKit, Laravel Spark (segera hadir) dan Statamic, aplikasi yang ramping seperti Koel dan Gokotta, komponen UI seperti VueStrap dan Vue-MDL, dan pengalaman interaktif yang lancar seperti YouTube Adblitz dan bahkan Situs Pemasaran Facebook NewsFeed!

Ada banyak proyek keren lainnya - terlalu banyak untuk dicantumkan di sini - tetapi kamu dapat memeriksanya di awesome-vue. Jika kamu telah membangun hal-hal keren dengan Vue, kamu juga harus menambahkannya ke daftar!

Visi Baru Untuk Proyek Vue

Beberapa dari kamu mungkin telah memperhatikan bahwa pengembangan repo inti Vue.js telah melambat akhir-akhir ini - sementara itu, banyak upaya dilakukan ke sub proyek lainnya, yaitu Vuex, vue-devtools dan boilerplate(kode yg sering ditulis di berbagai kebutuhan) resmi proyek Webpack. Langkah selanjutnya adalah rilisan baru untuk vue-router, dan dokumentasi / contoh yang lebih baik menggambarkan bagaimana inti Vue.js, Vuex dan vue-router bekerja bersama dalam sebuah aplikasi satu-halaman (single-page app) besar.

Semua ini digabungkan untuk mewujudkan visi baru proyek Vue.js: kerangka kerja progresif yang dapat beradaptasi dengan berbagai tingkat kompleksitas. Inti Vue.js akan tetap “hanya lapisan tampilan” - kamu masih dapat meletakannya pada halaman apa pun yang ada untuk menggantikan jQuery, tetapi proyek Vue.js juga mencakup bagian lain seperti vue-router, Vuex, vue-loader / vueify dan vue -cli yang dapat bekerja bersama sebagai kerangka kerja beropini(opinionated) yang lebih lengkap untuk aplikasi satu-halaman. Lebih lanjut tentang ini di postingan selanjutnya.

Vue.js membutuhkan bantuanmu!

Open source itu luar biasa, dan saya bangga bahwa Vue.js ini membantu banyak orang membangun produk nyata di seluruh dunia. Namun, seiring dengan berkembangnya ruang lingkup proyek, menambah fitur baru sambil mempertahankan dan merawat semuanya menjadi pekerjaan yang sangat menuntut. Berita baiknya adalah kamu dapat membantu!

Mencari kolaborator

Sudah ada pengguna yang sering membantu dengan berbagai cara, tetapi ini adalah undangan agar resmi. Saya mencari kontributor untuk bergabung dengan “tim”, yang saat ini kebanyakan hanya saya. Jika itu terdengar menarik bagi kamu, lihat formulir lamaran disini.

Mencari sponsor

Cara lain untuk membantu pengembangan Vue terus berlanjut adalah memberikan dukungan langsung berupa pendanaan. Semakin banyak dukungan finansial yang saya terima, semakin banyak waktu yang dapat saya fokuskan untuk membuat Vue menjadi lebih baik.

Jika kamu menjalankan bisnis dan menggunakan Vue dalam produk yang menghasilkan pendapatan, tentu bijak untuk mensponsori pengembangan Vue: itu memastikan produkmu dapat bergantung pada proyek yang sehat dan dipelihara/dikembangkan secara aktif. Ini juga dapat membangun kehadiran produk kamu di komunitas Vue dan membuatnya lebih mudah untuk menarik pengembang Vue.

Jika kamu adalah pengguna perorangan dan telah menikmati produktivitas menggunakan Vue, pertimbangkan untuk menyumbang sebagai bentuk penghargaan - seperti membelikan saya kopi sesekali :)

Dalam kedua kasus tersebut, kamu dapat memberikan pendanaan rutin melalui kampanye Patreon Vue, atau memberikan sumbangan se-sekali melalui PayPal. Ada banyak ide untuk Vue yang telah saya wacanakan tetapi belum memiliki waktu untuk memulai, dan saya ingin sekali dapat mengerjakannya penuh waktu - Saya harap kamu dapat membantu saya mewujudkannya!